Selasa, 06 Oktober 2009

MANTRAMANTRAMUSAFIR (M3)

Mantramantramusafir hanyalah sebuah simbol. Berasal dari dua kata yakni mantra dan musafir. Secara praktis ,mantra artinya kalimat – kalimat sakti yang dibaca untuk meraih tujuan, yang dijadikan pedoman hidup, karena aku beragama Islam jadi pedoman hidupku adalah Al Qur’an dan As-Sunnah.

Sedangkan musafir artinya orang yang bepergian, melakukan perjalanan jauh, orang yang senantiasa menyelesaikan sesuatu dengan segera, lalu mengerjakan pekerjaan yang lainnya karena mereka harus segera kembali ke daerah asalnya. Orang yang merdeka dalam bertindak,dan berpikir. Dari Ibnu Umar radhiallohu ‘anhuma beliau berkata: “Rosululloh shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah memegang kedua pundakku seraya bersabda, “Jadilah engkau di dunia seperti orang asing atau musafir”. Ibnu Umar berkata: “Jika engkau berada di sore hari jangan menunggu datangnya pagi dan jika engkau berada pada waktu pagi hari jangan menunggu datangnya sore. Pergunakanlah masa sehatmu sebelum sakit dan masa hidupmu sebelum mati” (HR. Bukhori). Jadi jika digabungkan menjadi musafir yang selalu berpegang teguh pada kalimat – kalimat yang berasal dari Al – Qur’an dan As – Sunnah yang dijadikan pedoman hidup.

Harapannya tulisan-tulisan yang terkumpul dalam mantramantramusafir itu selalu merujuk pada 2 hal tersebut. Ingat sabda Nabi,“Aku tinggalkan dua perkara untuk kalian. Selama kalian berpegang teguh dengan keduanya tidak akan tersesat selama-lamanya, yaitu Kitabullah dan Sunnahku. Dan tidak akan terpisah keduanya sampai keduanya mendatangiku di haudh (Sebuah telaga di surga, Pen.).” (HR. Imam Malik )

Dan bukan berarti aku selalu berpedoman pada 2 hal tersebut tanpa cacat. Aku hanyalah seorang yang berusaha mengamalkan ajaran agama sesuai kemampuan ku. Dari Abu Hurairoh ’Abdurrohman bin Shakhr rodhiyallohu’anhu, dia berkata: ”Aku pernah mendengar Rosululloh shollallohu’alaihi wasallam bersabda: ” Apa saja yang aku larang bagi kamu hendaklah kamu jauhi, dan apa saja yang aku perintahkan kepadamu maka lakukanlah sesuai kemampuanmu. Sesungguhnya kehancuran umat-umat sebelum kamu adalah karena mereka banyak bertanya dan menyelisihi nabi-nabi mereka (tidak mau taat dan patuh).” (HR. Bukhori dan Muslim)

Harapannya dengan adanya mantramantramusafir.blogspot.com hidupku jadi lebih indah dan tidak jatuh dalam 3 lubang kesalahan yang sama. Ku mencoba melihat setiap peristiwa yang terjadi di sekitar dari kacamata agama. Harapannya ini tidak hanya sekedar tulisan tetapi, sesuatu hal yang sangat bermanfaat terutama untuk diri saya pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar