Selasa, 06 Oktober 2009

SKRIPSI

Sekarang tanggal 27 September 2009, aku merasakan agak bosan mengerjakan skripsi ini. Kuingat betul pada akhir bulan Februari saat pertengahan KKN aku mendaftarkan judul skripsi ke Ir. Agus Haryanto, MT . Ketika aku dapat pembimbing Ir. Herry Santosa dan Ir. Nur Rokhati, MT , yang kurasakan waktu itu agak senang karena Pak Herry terkenal dengan telaten, ulet, serius, perfeksionis , sabar, dan senang membimbing mahasiswa. Kata rekan-rekan senior,”Kalau dibimbing beliau, pasti menjadi Engineer sejati, bukan sekedar sarjana teknik kimia.”

Aku mulai intensif mengerjakan skripsi tanggal 27 April karena 2 bulan sebelum itu harus On the Job Training (Kerja Praktek) di Chevron Indonesia Company Balikpapan, sebuah perusahaan Amerika yang bergerak di bidang minyak dan gas, dan saat ini merupakan perusahaan energi terbesar di dunia.

Skripsiku bukan penelitian, kalau penelitianku sudah ku kerjakan saat semester 6 dan 7. Skripsiku prarancangan pabrik, dan aku ambil judul Pra Rancangan Pabrik Methanol Proses ICI Tekanan Rendah Kapasitas 100.000 ton/ tahun. Pak Herry orangnya tertib, jadi aku harus mulai bimbingan/ konsultasi dari Bab I hingga Bab VI secara urut. Beliau membimbing Bab I , pertengahan Bab II, dan Bab VI, sedangkan Bu Nur membimbing sisa pertengahan bab II , bab III, IV,dan V.

Pak Herry dalam membimbing skripsi minimal 1,5 jam / tatap muka, rata-rata 2 jam / tatap muka seperti kuliah 3 SKS. Bab I dan pertengahan bab II kami lalui selama 4 bulan dengan total ± 18 kali tatap muka, waktu yang cukup lama memang. Aku seperti dikasih materi sastra, setiap kali maju konsultasi selalu ada kata-kata yang perlu diperbaiki, bisa jadi setelah lulus nanti aku bisa dikatain sarjana sastra. “ Kata-kata itu seni Mas, dan apa yang kau tulis di skripsimu harus kamu hidangkan dan kamu pertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya” begitu katanya. Setiap kali konsultasi bukan hanya masalah skripsi yang dibahas tapi melebar ke perkembangan informasi up to date , perkembangan dunia industri saat ini, menyuruh membaca berbagai literature asing, membuka internet, memang Pak Herry telah membuka Pola pikir engineer sejati kepadaku. Ketika dibimbing beliau ada kelebihan ,dan ada kekurangannya. Kelebihannya aku dididik menjadi seorang sastrawan yang lihai dalam menulis karya ilmiah, membuka pola pikir menjadi industriawan sejati, dan menjadi Chemical Engineer sejati.

Walaupun lama, saya yakin dengan janji Allah dalam QS. An-Nasyr , 5. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. 6. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” Saat ini udah hampir satu bulan saya dibimbing Bu Nur, kata senior Bu Nur itu mudah/ tidak banyak menuntut . Target saya, akhir bulan Oktober 2009 sudah mengikuti ujian skripsi. Ku mencoba untuk bisa membagi waktu dalam mengerjakan setiap urusan, aku orang yang perfeksionis sehingga susah membagi waktu, tapi lewat ayat Allah selanjutnya, “Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,” . Ayat ini menjadi cambuk bagiku untuk segera menyelesaikan setiap urusan, baik itu mengerjakan skripsi, belajar TOEFL hingga mencapai skor diatas 500, dan belajar aplikasi komputer seperti Hysis, Chamcad, Matlab, dan Aspen.

Untuk meraih mimpi dan cita – cita , ku hanya bisa terus berusaha, seperti dalam QS. Ar Ra’d : 11.” Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”. Dan juga hanya bisa bertawakal kepada Allah, “dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap”(QS An-Nasyr: 8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar